Home PageTenun IkatKain Tenun RangrangKain Tenun Rangrang Bali

Kain Tenun Rangrang Bali

Kain tenun Rangrang Bali adalah salah satu warisan adat dan tradisi di Nusa Penida dan Seraya Karangasem ditenun  menggunakan Alat tenun bukan mesin (ATBM). Kain tenun di Bali sejak dahulu, selain dipakai untuk pakaian sehari-hari juga dipakai untuk keperluan upacara keagamaan.

Bali sebagai objek tujuan wisata, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga adat dan tradisi masyarakatnya. Selama ini yang sering kita kenal adalah kain tenun ikat kain endek dan songket yang diproduksi hampir di semua kabupaten di Bali. Namun jangan lupa kalau propinsi bali memiliki tiga pulau yang terletak di sebelah selatan – timur yaitu Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Salah satu produk budaya masyarakat Bali yang terkenal adalah kain tenun seperti kain tenun Gringsing, Kain Poleng, Kain Songket dan Kain Endek. Namun itu belum cukup karena masih ada jenis kain lainnya yang dihasilkan oleh masyarakat bali dari Nusa Penida, yaitu kain tenun rangrang yang di produksi oleh penduduk desa Karang. Pembuatan kain tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari juga melestarikan kebudayaan tradisional di gunakan sebagai pelengkap sarana upacara keagamaan dan pakaian adat.

Selain di nusa penida ada satu daerah di Karangasem bali bernama desa Seraya juga memproduksi kain tenun rangrang alam menggunakan bahan pewarna alam dari tumbuh-tumbuhan. Siapa menyangka kalau kulit delima, akar mengkudu, secang dan rumput indigo  di pakai sebagai bahan pewarna pakaian. Tentu saja dengan pewarna alam, tidak akan mencemari lingkungan sekitar.

Ada berbagai macam motif dari kain rangrang yang berkembang saat ini yaitu diantaranya :

Motif alam

Motif Wajik

motifalam IMG_20140130_183208

Motif M

Motif Bianglala

IMG_20140130_182953 IMG_20140130_182724

Ketika pertama kali melihat banyak yang bingung, ini kain bisa dipakai apa, namun ditangan ahlinya kain ini bisa disulap menjadi busana yang cantik dan menawan. Selain bisa dijahit untuk pakaian, kain rangrang juga bisa di pakai untuk kain bawahan kebaya. Motif nya yang unik sangat cocok di padu padankan dengan kebaya dengan warna yang sepadan.

 

3 comments

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.